27.5 C
Samarinda
Rabu, September 28, 2022

Abdul Samad Minta Pemerintah Percepatan Proses Percepatan Pemanfaatan Bekas Lubang Tambang

Must read

Foto: Komisi III DPRD Bontang saat melakukan kunjungan kerja ke kantor PDAM Tirta Taman Bontang, Selasa (18/5/2021).

 

HABAR KALTIM, Bontang – Anggota Komisi III DPRD Kota Bontang Abdul Samad meminta agar pemerintah sesegera mungkin melakukan percepatan pemanfaatan penggunaan void atau bekas lubang tambang Indominco Mandiri (IMM) untuk pemenuhan air baku yang mulai menurun.

“Supaya defisit air baku 200 liter per detik bisa terpenuhi, pemerintah harus bergerak cepat,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke kantor PDAM Tirta Taman Bontang, Selasa (18/5/2021).

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu berharap pemerintah bisa melakukan penyusunan rencana anggaran untuk pipanisasi dari kolam menuju ke PDAM terdekat. Apalagi, kualitas maupun kuantitas air bekas galian tambang sudah dikaji dan dinyatakan baik untuk dikonsumsi.

“Pemanfaatan air baku dari tambang juga dinilai jauh lebih hemat. Masalah lahan Taman Nasional Kutai (TNK) untuk jalur pipanisasi yang akan dilewati juga sudah mendapat izin dari Dinas Kehutanan,” bebernya.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirta Taman Bontang Suramin menambahkan, penurunan air baku di Bontang dapat diatasi dengan 3 opsi. Antara lain, Waduk Marangkayu, Bendali Suka Rahmat, dan void atau bekas lubang tambang Indominco.

“Untuk saat ini, tiga lokasi itu yang menjadi opsi,” tambahnya.

Facebook Comments
BACA  Tunggakan Insentif Nakes RSUD Taman Husada Capai Rp. 2,9 Miliar
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article