26.5 C
Samarinda
Senin, Desember 6, 2021

Sipemda Diluncurkan, Sekretaris DPRD Kota Bontang: Membantu Peningkatan Kinerja

Must read

HABAR KALTIM – Kemudahan. Fasilitas yang diberikan Sistem Informasi Pemeliharaan Kendaraan Dinas atawa Sipemda.

“Kalau pakai aplikasi Sipemda, dimana pun pak Sekwan (Sekretaris Dewan, Red.) berada, maka mobil bisa langsung diperbaiki. Sebab sistem Sipemda ini menggunakan dua metode, website dan aplikasi android. Jadi pak Sekwan tinggal liat di hape untuk menyetujui atau menolak perbaikan mobil dinas.” ucap Kepala Sub Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang sekaligus inisiator Paisal kepada Sekretaris DPRD Kota Bontang, Lukman. Saat peluncuran aplikasi di ruang rapat Sekretaris DPRD Kota Bontang.

Diakuinya Sipemda saat ini akan dimaksimalkan untuk mengurus aset kendaraan. Kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan dengan mengurus aset lainnya seperti pemeliharaan gedung dan lainnya.

“Untuk sementara jangka pendek, pemeliharaan mobil dulu. Semoga bisa mendapat support nantinya dari pimpinan untuk pengembangan aset lainnya,” ungkap Paisal.

Cara penggunaan aplikasi ini memiliki beberapa tahapan. Setelah masuk ke aplikasi atau website Sipemda hal pertama dilakukan adalah pengguna kendaraan melakukan pengajuan perbaikan kendaraan. Kemudian kedua, akan ada petugas yang melakukan kroscek dan melihat kendaraan yang akan diperbaiki.

Setelah itu, kerusakan yang dialami diinput ke aplikasi Sipemda oleh admin untuk diteruskan kepada pimpinan–misalnya, Ketua DPRD Kota Bontang. Nah, Ketua DPRD Kota Bontang lalu bisa melihat langsung list dan foto kerusakan yang terjadi pada kendaraan tersebut, apakah semua list yang diajukan itu disetujui atau ditolak.

BACA  Muat Batu Bara Diributkan Orang Luar, Basri: Kami yang Paham Bontang

“Kalau yang disetujui, itulah yang akan diperbaiki di vendor atau bengkel nantinya. Jadi tidak bisa lagi seenaknya main masukkan bengkel dan perbaiki,. Yang bakal diperbaiki bengkel hanya yang terinput didata,” papar Paisal.

Lebih jauh, kerjasama DPRD Kota Bontang dengan pihak vendor akan berlangsung setelah beberapa persyaratan terpenuhi. Kemudian dilakukan penandatanganan kontrak dalam jangka waktu satu tahun.

BACA  Anindya Bakrie: Indonesia Punya Ekonomi Skala Besar dan Growth Story yang Baik

“Jadi pihak vendor nanti akan menggunakan aplikasi Sipemda juga, sehingga saling terkoneksi nantinya dengan kami. Untuk menghindari selisih data, publik juga bisa akses. Informasinya kami buka,” tegas Paisal.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Bontang, Lukman, menyatakan Sipemda akan membantu peningkatan kinerja DPRD Kota Bontang menjadi lebih ringkas dalam hal pemeliharaan kendaraan dinas, baik di lingkungan DPRD hingga Pemerintah Kota Bontang kedepannya. Di lain lain, lanjut Lukman, Sipemda akan mengurangi pengeluaran anggaran, seperti pembelian kertas dan sebagainya.

“Kalau dulu harus mencatat dulu, apa saja kerusakan dan kebutuhan mobil dinas baru ke Kasubag, setelah itu lanjut ke Sekwan untuk persetujuan. Sekarang tinggal di input saja datanya, jauh lebih ringkas,” terangnya.

Uji coba aplikasi tersebut bakal dilakukan awal Januari 2022 mendatang. Dengan Aplikasi Sipemda, ketika mobil dinas mengalami keruskan maka akan ada tim yang melakukan pemeriksaan, kemudian kerusakaan mobil tersebut di input menggunakan aplikasi tersebut.

“Jadi apa yang diusulkan belum tentu disetujui. Karena history kerusakan mobil bakal diketahui. Misalnya, mobil saya rusak diusulkan untuk ganti busi, tapi dalam riwayatnya diliat beberapa waktu lalu baru ganti busi. Pasti jadi pertanyaan, ada apa? Sudah pasti sistem akan menolak,” tukasnya. (adv/abe)

Facebook Comments

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments