22.7 C
Samarinda
Selasa, November 30, 2021

RDP Komisi III DPRD Bontang – IMM, Pemanfaatan Air di Bekas Lubang Tambang

Must read

Foto: Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina. (ist)

 

HABAR KALTIM, Bontang – Pemanfaatan air di lubang tambang menjadi pembahasan antara Komisi III DPRD Bontang bersama PT Indominco Mandiri (IMM) pada Selasa (18/5/2021).

Ketua Komisi III sekaligus memimpin jalannya rapat Amir Tosina mengungkapkan perihal desakan agar pemanfaatan air tersebut bisa segera direalisasikan dikarenakan kondisi kondisi persediaan air baku di Bontang semakin tahun terus mengkhawatirkan.

“Mereka (IMM) juga sudah siap. Studi kami, air itu dapat dikonsumsi. Banyak perbandingan. Misalnya Kutim, PPU, dan Kukar. Mereka juga menggunakan air eks void untuk didistribusikan ke masyarakat,” katanya kepada awak media usai rapat dengar pendapat.

Adapun menurutnya pemanfaatan Waduk Marangkayu untuk menyuplai air bersih ke Bontang masi memerlukan proses waktu yang cukup panjang. Hal itu berdasarkan hasil kunjungan Komisi III beberapa waktu lalu.

“Selalu dibenturkan dengan rencana Waduk Marangkayu. Kami harap, eks void bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam kebutuhan air jika sudah terealisasi,” tuturnya.

Head HSEC PT IMM Taryono juga membeberkan kepada media sesuai hasil kajian tim independen perusahaan air eks lubang tambang disebut laik dikonsumsi dan aman.

BACA  Komisi II DPRD Bontang Minta Peniadaan Biaya Rapid Antigen untuk Penunggu Pasien

“Kami melibatkan Universitas Mulawarman dalam kajian. Yakni dilakukan penelitian terhadap 10 void di areal tambang IMM,” ucapnya.

Hasilnya, dari 10 void yang diteliti 6 di antaranya direkomendasikan. Sementara 2 sisanya dinilai sangat laik dikonsumsi. Pasalnya kedua void itu berusia lebih 10 tahun. Alias sudah tak ada aktivitas pertambangan.

Taryono menambahkan kajian serupa juga dilakukan PDAM Tirta Taman Bontang. Mereka melibatkan tim dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes). Hasilnya pun sama, air dinyatakan sangat laik dikonsumsi. (adv/shl/iqb)

Facebook Comments

BACA  Komisi II DPRD Kota Bontang Dorong Bangkitkan Ekonomi Mikro
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments