23 C
Samarinda
Selasa, November 30, 2021

Sah! Sate Patin Bakal Jadi Kuliner Khas Samarinda

Must read

Foto: Wawali Samarinda Rusmadi beserta istri Sherly Warsita Rusmadi saat menikmati Sate Patin. [Syahril]

 

Habar Kaltim.co.id, SamarindaPenyelenggaraan Jelajah Kuliner  Khas Samarinda sukses memperkenalkan Sate Patin menjadi makan khas Kota Samarinda. Acara dibidani oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Samarinda ini berlangsung di Crystal 1 Ballroom Mercure Hotel jalan Mulawarman nomor 171 Kota Samarinda, Rabu (24/3/2021) berhasil memukau puluhan peserta penikmat kuliner yang ada di Kota Tepian.

Ketua Panitia Chusnul berharap kuliner yang berbahan ikan patin ini bisa menjadi makanan yang bisa meningkatkan citra pariwisata kota Samarinda.

“Semoga Sate Patin yang memiliki citarasa khas, bisa kita angkat sebagai makanan khas Samarinda,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua BPPD Kota Samarinda Muhammad Zulkifli berharap Sate Patin ini bisa menjadi ikon baru untuk kota Samarinda dan mengingatkan peran aktif dari semua pihak diantara peran eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Keterlibatan pemerintah baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif penting karena kedepan kegiatan-kegiatan didorong, tentunya anggaran dari pemerintah, mudah-mudahan keinginan nantinya kedepan disupport oleh Pemerintah Kota samarinda dan jajaran DPRD Kota Samarinda,” ujarnya.

Selain itu Haji Zul biasa disapa berharap dukungan datang dari masyarakat, peran media dan peran akademisi guna memperkenalkan Sate Patin.

BACA  Wakil Walikota Samarinda Dukung Terciptanya Kuliner Khas Samarinda

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Walikota Samarinda Rusmadi sekaligus membuka acara dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Samarinda memberikan apresiasi rasa hormat dan penghargaan kepada BPPD Kota Samarinda sudah bisa menyelengarakan kegiatan jelajah kuliner khas Samarinda.

“Pemerintah Kota Samarinda memberikan apresiasi rasa hormat dan penghargaan kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Samarinda dalam waktu seumur jagung sudah bisa menyelengarakan expo seperti ini” ujarnya langsung disambut aplus para peserta yang hadir.

BACA  Positif Covid-19 Kaltim Bertambah 8 Jadi 115 Kasus

Rusmadi mengingatkan sektor kuliner merupakan sektor yang sangat penting dalam rangka menarik wisatawan agar nantinya bisa datang ke Kota Samarinda.

“Dan tentu setiap tamu pun wisatawan pasti bertanya ini apa yang menjadi makanan khas daripada kota Samarinda,” ujar Rusmadi

Turur hadir dalam kegiatan istri Wawali Samarinda Sherly Warsita Rusmadi, Anggota DPRD Kota Samarinda Laila Fatihah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda diwakili Nasrullah tamu undangan dan peserta mayoritas penggiat kuliner yang ada di Kota Samarinda.

Selain demo Sate Patin kegiatan dimeriah pula dengan expo masakan yang berbahan ikan patin oleh hotel yang ada di Samarinda diantaranya Swiss-Bell Borneo Hotel, Aston Hotel, Hotel Bumi Senyiur,  Horisan Hotel, Midtown Hotel dan Harris Hotel tidak lupa juga persembahan dari Mercure Hotel berupa aneka masakan berbahan cempedak (mandai).

Demo sate patin sendiri dilakukan oleh Yadi Hadisuwarno atau biasa disapa Chef Yadi mempraktekkan membuat sate patin. Menurutnya pembuatan sate patin ini terbilang mudah dan praktis, bumbunya pun bisa disiapkan terlebih dahulu atau difrozen sehingga bisa dipergunakan kapanpun.

Senada dengan Chef Yadi, Wawali Samarinda Rusmadi mengapresiasi rasa dari sate patin tersebut.

BACA  Tak Melulu Berbisnis, Ini Program CSR Astra Motor Kaltim 2

“Ini betul-betul luar biasa kalo saya enak banget ini, jadi  sangat tepat ini dijadikan makanan khas Samarinda,” ujarnya dihadapan para peserta dan pengurus BPPD.

Ia pun menilai sate patin ini praktis dan bisa disediakan dimana saj diantaranya restauran dan cafe-cafe karena penyajiannya yang praktis dan bumbu bisa disiapkan.

“Nanti kita laporkan ke Pak Walikota, kita launching tapi kita laporkan dulu ke Pak Andi (Walikota Samarinda), harus coba dulu, kalau saya oke ini, semoga Pak Andi Harun oke banget,” pungas Rusmadi.[abe]

Facebook Comments

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments