26.5 C
Samarinda
Senin, Desember 6, 2021

Pengelolaan BLKI Diusulkan Diserah ke Pemko

Must read

Foto: Anggota Komisi I DPRD Kota Bontang Muhammad Irfan mengusulkan pengelolaan BLKI diserahkan kepada pemerintah setempat. [Istimewa]

 

Habar Kaltim.co.id, Bontang–Dianggap kurang efektif pengelolaan Badan Latihan Kerja Industri (BLKI), Anggota Komisi I DPRD Kota Bontang Muhammad Irfan mengusulkan agar pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah setempat.

Menurutnya pengalihan tersebut bisa memaksimalkan pengelolaan BLKI guna mencetak sumber daya manusia  (SDM) yang lebih unggul. Sehingga SDM lokal bisa mendominasi industri yang ada di Kota Bontang, sesuai dengan Perda yang mengharuskan 75 persen tenaga kerja lokal di setiap perusahaan.

“Ini kan tuntutan perda harus 75 persen, kalau mau penuhi itu setidaknya tenaga kerja kita juga lebih berkualitas,” ujar Irfan, Rabu (24/03/2021).

Ia pun meminta agar pemko melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah provinsi supaya hal tersebut dapat direalisasikan. Terlebih saat kunjungan kerja  di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim beberapa waktu lalu, wacana tersebut  disambut baik.

“Sisa pemkot yang berusaha keras untuk meyakinkan Gubernur Kaltim Isran Noor, karena keputusan akhir ada di dia,” ujarnya.

Apabila pengelolan nanti bisa dialihkan, Irfan membeberkan bahwa DPRD Kota Bontang siap mendukung, terutama dari sisi anggaran. Baik di penganggaran murni Disnaker Bontang ataupun melalui aspirasi anggota DPRD.

BACA  DPRD Kota Bontang Kunker, Ingin Tahu Mekanisme dan Teknis PTM

“Kami (DPRD Bontang) siap bantu dari segi anggaran , toh ini buat kebaikan tenaga kerja di Bontang,” pungkasnya. [adv/shl/abe]

Facebook Comments

BACA  Pendapatan Pajak Walet Minim, Bapenda Dituntut Tegas
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments