29 C
Samarinda
Kamis, Desember 2, 2021

Perwakilan Astra Motor Samarinda, Pertahankan Gelar Safety Japan Instructors Competition 2019

Must read

Foto: Champion celebration, perwakilan Astra Motor Samarinda, Ibnu Fachrizal berhasil pertahankan gelar juara

habarkaltim.co.id, Samarinda–Acara Champion Celebration yang digelar oleh Astra Motor Samarinda di Cafe Eatboss Jalan S. Parman Samarinda, Selasa (8/10) perwakilan Astra Motor Samarinda Ibnu Fachrizal Juara untuk dua kategori dalam ajang bergengsi The 20 th Safety Japan Instructors Competition 2019 menceritakan perjuangannya dalam meraih podium juara.

Dua kategori yang dijuarai Rizal yaitu kelas individu dan Group kelas CB400SF, pada 4 Oktober 2019 lalu di S-Plaza Suzuka International Circuit Jepang.

Rizal mengatakan, dalam kejuaraan tersebut terdapat 3 kategori penilaian yang diperlombakan yaitu, breaking, slalom course dan low speed balance. Ketika uji praktik breaking, Rizal memang kalah dari instruktur asal Singapura karena postur badan peserta sangat mempengaruhi tingkat pengereman motor.

“Dengan motor CB400SF akselerasi motor tentunya lebih besar dan tinggi. Postur tubuh yang lebih besar tentu bisa menekan gaya gravitasi motor sehingga tingkat pengereman motor bisa lebih maksimal,” ujar Rizal

Pada sesi kedua untuk kategori slalom course, ia bermain lebih aman agar bisa meraih poin maksimal. Dari catatan waktu yang didapat memang tidak sebaik instruktur Thailand dan Vietnam yang masing-masing meraih waktu 55 detik dan 54 detik. Namun, karena banyak pelanggaran yang dibuat keduanya, maka mereka tidak bisa memaksimal poin yang diraih.

BACA  Selalu Cari Aman Gunakan Helm Sesuai Standarisasi

“Catatan waktu saya hanya 57 detik, lebih lambat dari mereka, namun saya bisa mendapat poin yang cukup bagus karena bisa meminimalisir pelanggaran yang terjadi,” tambahnya.

Memasuki sesi ketiga, kondisi cuaca di sirkuit Suzuka mulai berubah. Cuaca yang awalnya cukup baik tiba-tiba saja berubah menjadi hujan. Tentu saja faktor cuaca sedikit mempengaruhi mental para instruktur dalam sesi low speed balance yang terbagi dalam 4 sektor penilaian.

BACA  Peringati Hari Pers Nasional Astra Motor Samarinda Gelar Service dan Ganti Oli Gratis

Meskipun dalam kondisi hujan dan kondisi jalan yang licin, Rizal berhasil meraih poin sempurna yaitu 1000 poin. Catatan poin tersebut sama dengan yang berhasil diraih oleh instruktur asal Thailand, hanya saja Rizal lebih unggul di beberapa ujian praktik sebelumnya, sehingga dirinya berhak menjadi juara 1 di kelas CB400SF.

“Setelah berhasil meraih poin sempurna, saya yakin pasti unggul dari Thailand. Ternyata memang benar, saya kembali meraih juara 1 di ajang yang sama pada tahun ini,” imbuh Rizal.

Rizal akhirnya menjadi kampium pertama dikelas CB400SF dengan total nilai 2688 poin, mengalahkan wakil dari Thailand Jaruwat Khanngern dengan 2666 poin, dan Tadashi Matsumoto dengan 2665 poin.

Acara Champion Celebration dihadiri langsung oleh Head Region Astra Motor Samarinda, Lukas Ferinata, beserta jajaran manajemen lainnya serta para awak media yang ada di Samarinda.

Penulis: Erma Editor: Abe

Facebook Comments
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments