22.9 C
Samarinda
Selasa, Oktober 4, 2022

Ini Dia Kriteria Bila Ingin Membangun Sekolah Baru di Kaltim

Must read

HABAR KALTIM – Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Mochamad Mursalin mengungkapkan alasan untuk membangun sebuah sekolah salah satu adalah jumlah siswa.

Selain itu menurutnya diperlukan minimal adanya 3 rombongan belajar (rombel), laboratorium fisika, kimia, biologi, bahasa dan komputer.

“Harus lengkap dan wajib”, ungkapnya.

Selain itu harus ada ruang Kepala Sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, toilet, gudang dan tempat bermain. Hal itu berlaku untuk pembangunan sekolah negari maupun swasta.

“Sebenarnya sejak 2007, aturan itu sudah ada. Sekarang kami pahami, peraturan itu kalau diikuti jadinya baik. Sekarang sudah telanjur, kami menata dengan kondisi anggaran yang seperti ini,” jelas Mursalin.

Mursalin juga membeberkan bahwa pihaknya juga menaruh perhatian terhadap sekolah-sekolah yang gedungnya sudah berusia tua. Sehingga diperlukan rehabilitasi. Karena menurutnya sarana dan prasana menjadi salah satu aspek penting terhadap keberlangsungan pendidikan.

SMA di Kaltim rata-rata mempunyai jumlah rombel yang bervariasi. Sekolah yang berada di kawasan perkotaan tentu jumlah rombelnya paling banyak. Bisa sekitar 30-36. Tapi yang di daerah pinggiran, sekitar 9 rombel.(adv/abe)

 

Facebook Comments
BACA  Januari 2022, SMA Sederajat di Kaltim Direncanakan Gelar PTM
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article