24.9 C
Samarinda
Selasa, April 16, 2024

Sudah 36 Ribuan Pendaftar Beasiswa Kaltim

Must read

HABAR KALTIM – Sejak dibuka pendaftaran 22 Maret 2022 lalu, peminat yang mendaftar beasiswa Kaltim hingga saat ini telah mencapai sekitar 36 ribuan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT), Iman Hidayat bahwa sudah ada sebanyak 36.663 pendaftar. Dirinya pun membeberkan sementara ada 9.435 pendaftar untuk kategori Tuntas Mahasiswa kemudian ada 9.859 pendaftar masuk dalam kategori Stimulan Mahasiswa serta 17.369 pendaftar untuk Stimulan Siswa dan seiring berjalan waktu akan bertambah.

“Kami tidak tentukan kuota untuk beasiswa. Karena kami belum tahu nominal UKT yang dimiliki tiap pendaftar ada berapa saja,” jelasnya.

Diketahui anggaran Beasiswa Kaltim untuk tahun ini berasal dari APBD 2022 sebesar Rp 156,4 miliar dan ada kemungkinan bila  anggaran untuk beasiswa tahun ini bisa bertambah dari APBD Perubahan 2022 nanti.

“Peserta yang lolos seleksi dengan sistem ranking nantinya akan menyesuaikan dengan anggaran tersebut. Sebab biaya SPP tiap prodi itu berbeda,” imbuh Iman Hidayat.

Para pendaftar yang nantinya dinyatakan lolos, akan mendapatkan biaya pendidikan minimal sebanyak Rp 4 juta dan maksimal Rp 15 juta. Adapun untuk mendaftar Beasiswa Kaltim dikenal dengan 2 jalur pendaftaran. Yakni umum dan khusus. Mereka yang mendaftar di jalur umum berarti menggunakan prestasi akademik. Sedangkan yang khusus, tentu dengan prestasi non akademik.

Jalur khusus juga terdiri dari beberapa kategori. Mulai kategori miskin, anak berkebutuhan khusus, anak cucu veteran, anak korban KDRT, penghafal Al-Qur’an 30 juz, hingga anak asal daerah 3T. Bahkan mereka yang orangtuanya meninggal akibat Covid-19, tahun ini juga diberi kesempatan. Dengan catatan, melampirkan bukti autentik dari organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.(adv/abe)

 

Facebook Comments
BACA  Kadisdikbud Kaltim Tunjangan Tambahan Jasa Tenaga dan TPG Cair
- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article

google-site-verification=pw8c90OYKRwNc9SohygIVWrRC1FVcnRT_68_qOeWZYY