29.9 C
Samarinda
Kamis, Desember 2, 2021

E-Samsat Pegadaian, Solusi Mudah Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Must read

Foto: Acara Soft Launching layanan e-samsat PT Pegadaian (Persero) di The Gade Coffe and Gold, jalan Basuki Rahmat Samarinda, Jumat (06/12), nampak Ismiati Kepala Bapenda Kaltim, Ahmad Zaenuddin Deputi PT Pegadaian (Persero) Area Samarinda (memegang mix).

habarkaltim.co.id, Samarinda–Untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak bermotor, kini PT Pegadaian (Persero) bekerjasama dengan Samsat membuka layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, hal ini diungkapkan pada acara Soft Launching layanan e-samsat PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah IV Balikpapan Kalimantan Timur bertempat di The Gade Coffe and Gold, jalan Basuki Rahmat Samarinda, Jumat (06/12).

Selain untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor e-samsat Pegadaian juga melayani untuk pembayaran sumbangan wajib dan kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Timur Ismiati, Deputi PT. Pegadaian Area Samarinda Ahmad Zaenuddin, PT. Jasa Raharja Samarinda, nasabah, masyarakat dan pegawai Pegadaian Samarinda ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang sudah ditanda tangani antara Pemerintah Provinsi Kaltim, Kepolisian Daerah Kaltim, PT. Jasa Raharja Kaltim dengan PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah IV Balikpapan Kaltim pada 13 Agustus 2019 yang lalu.

BACA  Penyerahan CBR250RR SP Quickshifter Kepada Konsumen Pertama di Tenggarong

Tujuan dari program ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor dan pembayaran wajib dana kecelakaan lalu lintaa jalan raya hal ini diungkapkan oleh Ahmad Zaenuddin Deputy PT. Pegadaian (Persero) Area Samarinda, “dengan e-samsat pegadaian ini, harapannya masyarakat akan semakin dimudahkan di dalam hal membayar pajak kendaraan bermotor dan pembayaran simpanan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan raya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Zaenuddin menjelaskan bahwa pembayaran pajak sama dengan di samsat-samsat lain. E-samsat Pegadaian bakal beroperasi di 200 lebih gerai PT Pegadaian yang tersebar di wilayah Kaltim, dengan gerai yang cukup banyak dan cakupan yang luas, masyarakat akan semakin dimudahkan. “Ada dua gerai PT Pegadaian yang sudah menerapkan e-samsat pegadaian, salah satunya yang ada di Jalan Basuki Rahmat,” jelasnya.

BACA  Aturan Baru Dagang di Dunia Digital, Pembelian Game Online Kena Pajak

Ditempat yang sama Kepala Bapenda Kaltim, Ismiati mengatakan, mulai Jumat (6/12/2019), masyarakat sebagai wajib pajak kendaraan bermotor, bisa memanfaatkan e-samsat Pegadaian.

“Kami sudah melakukan trial (uji coba, red) di e-samsat pegadaian, alhamdulillah sudah bisa berhasil tidak ada hambatan,” kata Ismiati.

Meski pelayanan yang disuguhkan masih untuk pembayaran pajak tahunan, namun Ismiati optimis, e-samsat Pegadaian bakal memberikan pilihan kepada masyarakat. “Kalau pembayaran pajak lima tahunan masih dipusatkan di samsat induk,” cetusnya.

Ismiati pun mengungkapkan, langkah kerja Bapenda Kaltim di akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020, menyosialisasikan kepada masyarakat luas, bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di gerai-gerai PT Pegadaian, lewat e-samsat Pegadaian.

“Saya optimis, kontribusi di sektor pajak kendaran bermotor dari e-samsat pegadaian,” ucapnya.

Editor: Abe
Foto: Ist

Facebook Comments
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments