29 C
Samarinda
Kamis, Desember 2, 2021

Disdikbud Kaltim Ingatkan Jangan Ada Konvoi dan Corat-Coret Kelulusan

Must read

Foto: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi ingatkan jangan ada siswa yang konvoi

habarkaltim.co.id, Samarinda–Pengumuman kelulusan para siswa SMA/SMK sederajat tahun 2020 telah diumumkan oleh masing-masing sekolah dan dapat dicek melalui online ataupun media lainnya. Hal ini dengan mengingat masih dalam masa tanggap darurat Covid-19, sehingga tidak diperkenankan adanya pertemuan massa dalam jumlah yang banyak. (2/5/2020)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi mengatakan bahwa untuk mekanisme pengumuman kelulusan diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah untuk mengatur.

Namun, beliau juga mengungkapkan pada masa tanggap Covid-19 ini pihak sekolah tidak diperkenankan untuk mengumpulkan siswa. Selain itu, bagi seluruh siswa yang telah dinyatakan lulus ujian diminta untuk tidak melakukan konvoi bermotor.

“Awas jangan ada siswa yang konvoi. Sekolah silahkan mengatur pengumumannya bisa lewat online, RRI atau media massa yang lainnya, yang jelas jangan berkumpul di sekolah,” pinta Anwar.

Pengumuman kelulusan siswa SMA/SMK sederajat dilakukan secara online. Pengumuman sebagaimana berdasarkan Peraturan Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 5 Tahun 2020.

Pemerintah juga telah meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 karena mewabahnya virus Covid-19. Hal ini sebagai bentuk penerapan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

BACA  Disdikbud Kaltim Ingatkan Usai Pengumuman Kelulusan Jangan Konvoi, Baju  tak Terpakai Disumbangkan

Maka dengan ditiadakannya UN, pihak sekolah diberikan keleluasaan untuk menentukan kriteria kelulusan. Anwar mengatakan bahwa nilai rapot para siswa dalam 5 semester dapat diambil untuk menentukan kelulusan, termasuk sejumlah penilaian lainnya seperti akhlak dan prilaku siswa selama sekolah.

Penulis: Fajar
Editor: Abe

Facebook Comments
BACA  Disdikbud Kaltim Gelar Penguatan Pendidikan Karakter SMK
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments