29.9 C
Samarinda
Senin, Desember 6, 2021

Astra Motor Kaltim 2 Gelar Webinar Edukasi Safety Riding

Must read

habarkaltim.co.id, Samarinda–Astra Motor Kaltim 2 melalui tim Safety Ridingnya kembali meluncurkan program edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat demi terus berupaya untuk menggaungkan keselamatan berkendara. Salah satu yang menjadi sarana untuk terus melakukan edukasi keselamatan berkendara adalah media sosial dan platform. Senin (21/9/2020) lalu, Astra Motor Kaltim 2 berkesempatan menggandeng Satlantas Polres Kaltim 2, PT. Jasa Raharja Samarinda, dan Dinas perhubungan kota Samarinda untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda dengan tema yang bertajuk “Sarjana #Cari_Aman Meraih Impian.

Edukasi Safety Riding melalui webinar ini diikuti oleh 100 orang peserta dari berbagai jurusan. Ditengah sesi webinar juga diselipkan kuis dengan hadiah voucher belanja yang semakin menambah interaktif dan keseruan dalam webinar.

Yehezkiel Felix selaku Marketing Sub.Dept Head Astra Motor Kaltim 2 mengatakan, edukasi yang tidak bertatap muka langsung melainkan Webinar ini sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Sarjana bulan September tahun 2020 ini. Adapun kegiatan Webinar ini sebagai pelopor keselamatan berkendara, yang dimana Astra Motor Kaltim 2 akan terus berbagi ilmu cara berkendara yang aman guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang melibatkan kaum milenial, perlu disikapi dengan serius oleh berbagai pihak. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga mereka yang masih ada dalam usia produktif agar tidak menjadi korban yang sia-sia di jalan raya,” ujar Felix.

BACA  Perwakilan Astra Motor Kaltim 2 Menuju Tingkat Nasional

Webinar yang dipandu oleh Fajrin Nur Huda selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 2, menjelaskan bahwa faktor penyebab kematian akibat kecelakaan lalu lintas meningkat tajam menjadi urutan nomor tiga setelah penyakit jantung dan tekanan katup tunggal utama.

“Dengan adanya edukasi safety riding ini kita ingin meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan, serta membangun budaya tertib berlalu lintas yang didukung adanya pelayanan di bidang lalu lintas yang prima,” jelas Fajrin.

BACA  Kerjasama SMSI-UPDM, Perusahaan Pers Pilih UKW Berbasis Undang-Undang Pers 

Astra Motor Kaltim 2
Edukasi Safety Riding melalui webinar ini diikuti oleh 100 orang peserta dari berbagai jurusan

Pada kesempatan yang sama, Iptu HM Sarjo Kanit Dikyasa Polresta Samarinda, menjelaskan generasi milenial bisa dikatakan generasi hidup di balik layar gadget. Terkadang tidak peduli dengan aturan lalu lintas dan itu sebabnya mereka kerap menjadi korban kecelakaan.

“Perlu diketahu lagi bahwa Catatan Korlantas Polri melalui IRSMS, korban kecelakaan lalu lintas baik yang meninggal maupun luka-luka pada usia 10-14 tahun sebanyak 7.061, usia 15-19 sebanyak 17.910. Kemudian usia 20-24 mencapai 17.258. Sedangkan usia 25-29 mencapai 11.140 dan usia 30-34 sebesar 9.412 ini sepanjang 2018. Harapannya dengan kedisiplin kita bersama mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas hingga terwujud dan terpeliharanya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar,” tutup Sarjo.

Dalam hal ini pun Agung Abimanyu selaku Kepala perwakilan PT. Jasa Raharja Samarinda mengatakan agar mahasiswa mengetahui bahwa Jasa Raharja merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang hadir untuk menjamin korban-korban kecelakaan lalu lintas.

Agus Sri Hartoyo Kabid Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Samarinda juga menambahkan bahwa setiap bepergian jangan lupa selalu cek perlengkapan berkendara. Mulai dari helm, jaket, spion lengkap dan membawa surat-surat kendaraan. Secara usia mereka sudah mendapat surat izin mengemudi (SIM), remaja belum memiliki SIM tidak boleh mengendarai sepeda motor, namun yang sudah memiliki SIM harus mengendarai sepeda motor secara dengan benar jangan. (*)

BACA  Kerjasama SMSI-UPDM, Perusahaan Pers Pilih UKW Berbasis Undang-Undang Pers 

 

Facebook Comments

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments