23.9 C
Samarinda
Kamis, Juli 11, 2024

Aulia Akbar Pemenang Logo IKN

Must read

HABAR KALTIM – Logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) telah resmi diluncur Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa (30/05) lalu. Logo dengan bertemakan Pohon Hayat Nusantara ini menjadi pilihan masyarakat hal ini disampaikan langsung orang nomor satu di negeri ini.

“Jadi yang milih bukan Presiden, hati-hati, yang milih ini rakyat, dan jumlah pemilihnya lima ratusan ribu, jumlah yang tidak sedikit,” tegasnya.

Dinobatkannya Pohon Hayat Nusantara menjadi pemenang melalui proses terbuka yakni dimulai pada bulan September 2022, saat dilakukan pengumuman terbuka oleh Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI), selaku mitra Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam proses ini. Lebih dari 500 desainer ikut serta dalam pengumuman terbuka. Dari seluruh desainer yang mendaftar, Dewan Kurator ADGI telah mengkurasi 10 desainer untuk mengikuti proses pendesainan logo IKN.

Kemudian masyarakat dengan memilih langsung satu logo dari lima nominasi desain yang pada akhirnya Pohon Hayat Nusantara karya Aulia Akbar berhasil menjadi pilihan berdasarkan hasil akhir sayembara pada 20 Mei 2023, jumlah total pemilih mencapai 500.260.

Para pemilih berasal dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Sulawesi Selatan.

“Logo yang terpilih bertema Pohon Hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar. Pohon hayat ini pohon kehidupan, dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya yang menjadi sumber kehidupan seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” harap Joko Widodo.

Aulia Akbar
Logo IKN Pohon Hayat Nusatara karya Aulia Akbar

Lalu siapakah Aulia Akbar ini?

Aulia Akbar saat ini menjabat sebagai Design Researcher di POT Branding House sejak Februari 2023, kemudian melansir dari tribunnews.com, dirinya merupakan alumni dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung pada 2014. Saat ini, Aulia Akbar menjabat sebagai Co-founder POT Branding House dan anggota aktif Asosisasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Bandung. Selain itu, Aulia juga mengajar desain grafis secara luar jaringan (luring) di ITENAS dan dalam jaringan (daring) Pixel Ninja.

BACA  Total Hadiah Ratusan Juta, Dispora Kaltim dan Perbakin Kolaborasi Gelar Kejurnas Menembak Piala Gubernur Kaltim 2023

Menjadi pemenang desain logo baru IKN menambah daftar prestasi yang diraih Aulia Akbar.

Berikut daftar penghargaan yang pernah diperoleh Aulia Akbar:

– Juara 1 Lomba Foto Fotografi Hitam Putih Pankromatik 2015.

– Trofi Perunggu untuk kategori Book Cover Design di Layang Kancana 2014.

– Trofi Perunggu untuk kategori Desain Poster di Layang Kancana 2014.

– Juara 1 Lomba Foto Modifikasi Mobil Bandung 2013.

– Juara 3 Lomba Foto First Movement 2012.

– Best Symbiotic (Social Impact Project Based) Award.

– Juara 3 Bandung Chartfest Photo-Contest 2012.

– Juara 1 Lomba Foto Kebudayaan Jawa Barat 2011. (abe)

Facebook Comments
- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article

google-site-verification=pw8c90OYKRwNc9SohygIVWrRC1FVcnRT_68_qOeWZYY