27.9 C
Samarinda
Rabu, Juli 10, 2024

Yayasan AHM Tanam 20.000 Mangrove di Banyuwangi, Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Aksi Nyata

Must read

HABAR KALTIM, Banyuwangi – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan aksi nyata, yaitu menanam 20.000 mangrove di Kawasan Ekonomi Esensial (KEE) Teluk Pangpang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen dalam upaya mitigasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Penanaman mangrove jenis Rhizopora Mucronata ini dilakukan bersama dengan Dinas Perikanan Banyuwangi, PT Astra Honda Motor, PT Mitra Pinasthika Mulia, dan komunitas nelayan setempat. Jenis mangrove ini dipilih karena kemampuannya menyerap karbon tiga hingga lima kali lebih besar dibandingkan hutan tropis daratan, serta perannya dalam memperbaiki ekosistem lahan basah dan mendukung kehidupan satwa dan manusia.

Kegiatan ini melengkapi program penanaman mangrove Yayasan AHM di berbagai wilayah Indonesia, dengan total 30.879 pohon yang ditanam sejak tahun 2017. Selain penanaman, Yayasan AHM juga mengadakan kegiatan bersih pantai yang melibatkan komunitas nelayan dan pelajar dari sekolah binaan AHM.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama melalui penanaman mangrove. “Mangrove memiliki peran penting sebagai penghasil oksigen dan penyerap CO2, sehingga berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca,” jelas Muhib.

KEE Teluk Pangpang merupakan kawasan konservasi mangrove dengan nilai ekosistem penting. Di kawasan ini terdapat 12 jenis pohon mangrove, 18 jenis bivalvia, dan 43 jenis burung, yang sebagian besar merupakan burung migran. Mangrove di kawasan ini juga berperan penting dalam meningkatkan daya tahan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam.

Upaya Yayasan AHM dalam menjaga kelestarian lingkungan ini diharapkan dapat menginspirasi pihak lain untuk ikut berkontribusi. Penanaman mangrove dan kegiatan bersih pantai ini merupakan langkah kecil dalam upaya besar untuk menjaga kesehatan bumi bagi generasi sekarang dan masa depan. (adv)

Facebook Comments
BACA  Yayasan AHM Berikan Beasiswa untuk Future Leader
- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article

google-site-verification=pw8c90OYKRwNc9SohygIVWrRC1FVcnRT_68_qOeWZYY