27.9 C
Samarinda
Rabu, Juli 10, 2024

Peringati Hardiknas 2023, Ini Pesan Kadisdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan Untuk Tenaga Pendidik

Must read

HABARKALTIM.CO.ID, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud Kaltim) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dengan menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/5).

Wakil Gubernur (Wagub) Hadi Mulyadi yang hadir sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara mengingatkan pada moment ini agar insan pendidikan bisa mengingat kembali filosofi dan perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia.

Walaupun tantangan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini terutama saat dua tahun terakhir pelaksanaan belajar mengajar dilakukan di rumah karena pandemi Covid-19.

“Hari ini adalah bukti kita kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Tak cuma mampu melewatinya, kita juga tetap berdiri di garis depan memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ucap Hadi Mulyadi dihadapan peserta.

Pada kesempatan itu, Hadi Mulyadi menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim salah satunya keberhasilan Kurikulum Merdeka yakni terbukti bisa mengurangi dampak hilangnya pembelajaran dan telah diterpakan lebih dari 140 ribu satuan pendidikan yang ada di Indonesia dan hal tersebut menandakan sekitar ratusan ribu anak didik sudah belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan memerdekakan.

“Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mendukung dan berharap program merdeka belajar yang digagas Mendikbudristek, Nadiem Makarim terus berlanjut. Agar semua anak hingga tenaga kependidikan bisa berkreasi dan kreatif,” beber Wagub Kaltim ini.

Nampak hadir pada upacara tersebut pimpinan OPD Pemprov Kaltim, Forkopimda Kaltim, Kepala Instansi serta pelajar dana mahasiswa yang ada di Samarinda.

Ditempat yang sama Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan berpesan kepada seluruh tenaga pendidik yang ada di Kaltim agar bisa lebih berinovasi dan bergerak menuju semangat belajar, dirinya pun mengingatkan bahwa pada bulan ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mencanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

BACA  Dua Pegawainya Purna Tugas, Disdikbud Kaltim Beri Apresiasi

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” kata Muhammad Kurniawan.

Selain itu orang nomor satu di lingkungan Disdikbud Kaltim ini mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023 dan terus semangat dalam melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar yang lebih baik.

Sebelum usai kegiatan upacara, pada kesempatan itu Pemprov Kaltim secara simbolis menyerahkan bantuan kendaraan operasional Kepala Sekolah dan menyerahkan SK Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di Kaltim. (adv/abe)

Facebook Comments
- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article

google-site-verification=pw8c90OYKRwNc9SohygIVWrRC1FVcnRT_68_qOeWZYY