25.4 C
Samarinda
Senin, Desember 6, 2021

Jenis-Jenis Kopi Yang Patut Anda Ketahui

Must read

Jenis-jenis kopi yang patut anda tahu (foto: Kompasiana.com)

 

habarkaltim, Habar Kopi--Ternyata di dunia terdapat jenis-jenis kopi, termasuk di Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi dengan kwalitas terbaik.

Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip melalui Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian  ekspor kopi dalam negeri selama semester I/2019 mencapai 138.000 ton atau naik sebesar 19% disbanding periode yang sama di tahun lalu dengan nilai US$392,5 juta.

Nah kembali ke pokok bahasan, lalu ada berapa jenis kopi yang ada di Indonesia, perlu diketahui bahwa perbedaan jenis kopi umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya tempat dan habitat, kopi yang ditanam berbeda tempat atau ketinggiannya dari permukaan laut akan menghasilkan biji kopi yang berbeda pula, begitu pula dengan cara membudidayakannya dan penanganannya setelah panen.

Berikut habarkopi.com rangkum jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia:

  1. Kopi Arabika

Bagi penikmat kopi, jenis kopi ini sudah tidak asing lagi, kopi arabika merupakan kopi yang sangat popular di dunia bahkan jenis kopi ini dianggap sebagai kopi tradisonal dengan cita rasa yang paling baik.

Kopi Arabika biasa tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 meter dari permukaan laut dengan suhu antara 16-20° Celcius dan dengan curah hujan berkisar antara 1200-2000 mm pertahun.

jenis-jenis kopi
Jenis kopi ini sudah tidak asing lagi, kopi arabika merupakan kopi yang sangat popular di dunia

Di Indonesia jenis kopi ini bisa kita temukan di daerah pegunungan Toraja, Sumatera Utara, Aceh dan beberapa daerah di pulau Jawa. Kopi yang memiliki bentuk oval (elips) dan mengandung kafein lebih rendah sedang dikembangkan varietas kopi Arabika diantaranya Arabika jenis Abesinia, arabika jenis PasumahMaragoTypica dan kopi arabika Congensis.

  1. Kopi Robusta

Jenis kopi kedua yang popular di Indonesia dan dunia adalah Kopi Robusta, jenis kopi ini tumbuh baik pada ketinggian antara 400-700 meter dari permukaan laut dengan suhu berkisar antara 21-24° Celcius.

jenis-jenis kopi
Kopi yang memiliki nama robust berart kuat memang cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit di banding dengan kopi Arabika

Kopi yang memiliki nama robust berart kuat memang cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit di banding dengan kopi Arabika ini, di Indonesia sendiri kopi Robusta ada beberapa jenis, diantaranya Robusta Lampung, Robusta Dampit Malang, Robusta Flores, Robusta Jawa dan lainnya.

Kopi yang memilik ciri bulat ini memilik kandungan kafein lebih tinggi dari kopi Arabika.

  1. Kopi Liberika

jenis-jenis kopi
Kopi Liberika merupakan kopi yang berasal dari Liberia dan Afrika Barat, kopi ini bisa tumbuh setinggi 9 meter dari tanah

Buah Kopi Liberika memilik ukuran yang cukup besar, berentuk bulat hingga lonjong, memiliki kisaran panjang antara 18-30 mm, dimana di dalam satu buah biji terdapat 2 biji kopi dengan panjang antara 7-15 mm. Walaupun bobot buahnya besar namun bobot keringnya hanya 10 persen dari bobot basahnya.

Hal demikian tidak disukai petani karena penyusutannya yang cukup banyak dari segi ongkos panen pun menjadi relatif lebih mahal.

Kopi Liberika sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 1878, saat itu Belanda membawa kopi tersebut untuk menggantikan tanaman kopi Arabika yang terserang oleh penyakit karat daun, namun pada tahun 1907 tanaman ini mengalami hal yang sama dengan Arabika. Meskipun daya tahan kopi liberika terhadap penyakit karat daun lebih baik dibanding arabika namun tidak setahan kopi robusta. Sehingga pemerintah Belanda mengganti Liberika dengan jenis Robusta.

Di Indonesia, kopi Liberika dapat ditemukan di daerah Jambi dan Bengkulu. Di Jambi, produsen Liberika terkonsentrasi di wilayah Tanjung Jabung.

  1. Kopi Excelsa

Kopi Excelsa atau nama lainnya Coffea Excelsa berasal dari Afrika Barat, pertama kali kopi ini ditemukan didekat Danau Chad.

Jenis kopi ini cocok dibudidayakan pada daerah dataran rendah yang basah, tanaman kopi ini bisa tumbuh baik pada dataran mulai dari 0-750 meter dari permukaan laut. Kopi Excelsa juga tahan terhadap suhu tinggi dan kekeringan dan bisa tumbuh di lahan Gambut.

jenis-jenis kopi
Kopi Excelsa atau nama lainnya Coffea Excelsa berasal dari Afrika Barat, pertama kali kopi ini ditemukan didekat Danau Chad.

Di Indonesia sendiri kopi jenis ini bisa ditemukan secara terbatas di daerah Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Varietas Kopi Excelsa sendiri mirip dengan Kopi Liberika namun yang membedakan terdapat pada daun yang lebih halus. Daun mudanya mengkilap dengan warna kuning kehijauan, adapun ukuran bunganya sangat besar dan berwarna putih dengan 4 sampai 6 kelopak, buahnya berbentuk bulat mirip telur tapi kecil.

 

Penulis: Abe

Facebook Comments

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

More articles

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest article

Facebook Comments