30 C
Samarinda
Sabtu, September 25, 2021

Sahbirin Noor, Kalsel Siap Topang Ketahanan Pangan Ibu Kota Baru

Must read

Foto: Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan saat diwawancarai awak media.

habarkaltim.com, Banjarmasin–Acara penutupan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Kalimantan Selatan ditutup oleh Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan bertempat di Mahligai Pancasila, Jalan R Soeprapto, Banjarmasin, pada hari Minggu (9/2/2020).

Dalam acara penutupan itu Sahbirin Noor juga dijadikan anggota kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), hal ini disampaikan langsung oleh Atal Sembiring Depari Ketua Umum PWI Pusat.

Pada penutupan HPN 2020 Sahbirin Noor menyampaikan bahwa Kalimantan Selatan sangat prospek dan potensial sebagai penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, “posisinya berada ditengah, mempunyai lahan kosong seluas 300.000 hektar sehingga bisa dimanfaatkan untuk perluasan Ibu Kota Baru,” ujarnya.

Selain itu Sahbirin menerangkan bahwa daerah yang berbatasan langsung dengan ibukota baru tersebut bisa mendukung untuk sektor pertanian dan perkebunan, “daerah Tanah Bumbu, Batulicin dan Kotabaru yang berbatasan langsung dengan ibukota baru Penajam Paser Utara (PPU) seperti yang disampaikan bapak Presiden Joko Widodo dihari pembukaan kemarin” terangnya.

Menurut Sahbirin Noor yang terpenting adalah lahan yang luas ini sangat mendukung untuk sektor pertanian dan perkebunan tinggal didorong dan bersinergi dengan kementerian terkait bisa menjadi suatu yang besar buat penyandang ketahanan pangan ibukota baru dihadapan awak media cetak dan elektronik.

BACA  Bagus Susetyo, "Proyek Perumahan Bisa Menggerakkan 175 Bisnis Ikutan"

Sahbirin juga menyingung soal akses jalan menuju IKN bahwa perlu perbaikam dan perluasan, “Lebih mendalam lagi terkait akses jalan ke ibukota baru boleh dikatakan masih perlu perluasan seperti jalan, termasuk jalan tol, tentunya seiring dengan waktu membangun ibukota negara yang baru tidak semudah membalik telapak tangan,” terangnya.

Acara peringatan HPN 2020 sendiri yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan selama 3 hari dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 9 Pebruari 2020. HPN 2020 ini mengangkat tema “Pers Menggelorakan Kal-Sel sebagai Gerbang Ibukota Negara”.

BACA  Seminar Nasional Aruh Ganal Bicarakan Sejarah dan Budaya Banjar serta peran Bubuhan Banjar Menyongsong Ibukota Negara

Tahun depan (2021) peringatan Hari Pers Nasional akan digelar di Sulawesi Tenggara sesuai dengan penetapan Surat Keputusan PWI Pusat yang diterima langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Banjarmasin.

Penulis : Hijrah
Editor: Abe

Facebook Comments
- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article

Facebook Comments